sukarditb.com

20/SASTRA/ticker-posts

SAYA MEMILIH JURNALISTIK

SAYA MEMILIH JURNALISTIK

Oleh: Sukardi
Rabu, 11 Maret 2015

                                                             Foto: By-Google  

‘Saya memilih jurnalistik’, pada tulisan kali ini, saya akan bercerita tentang konsentrasi jurusan yang saya pilih di KPI IAIN Pontianak.


Awal ke IAIN Pontianak


Nama saya Sukardi, berasal dari desa Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara. Saya alumni SMAN 1 Teluk Batang, jurusan IPA, lulus pada tahun 2013. Masuk di STAIN Pontianak, sekarang menjadi IAIN Pontianak, pada tahun 2013. Saya  memilih jurusan dakwah (ketika itu), saat ini menjadi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).
Saya memilih KPI, karena terdapat banyak pelajaran yang umum, karena basic saya pun dari SMA. Memang, awalnya saya merasa minder, karena pengetahuan agama yang kurang, namun saya tidak menjadikan masalah, karena kita dalam menuntut ilmu, salah bukan lah masalah, karena tahap belajar.


Sebelumnya, saya sudah mendaftar di kampus umum yang ada di Pontianak, namun tidak lulus. Berbicara biaya pun yang lumayan mahal, saya mengurungkan niat untuk lanjut di kampus tersebut. Saya sempat prustasi, dan sempat menggila alias bingung mau lanjut kuliah dimana. Di sela-sela putus asa, Al-quran, kalam Ilahi, kitab suci umat islam, telah mampu memberikan kekuatan, karena keindahan dan kekuatan makna yang terkandung di dalamnya. Saya membaca salah satu ayat, pada surah attaubah ayat 40, yang artinya : “Jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”. Dari situlah, saya bangkit kembali, karena ada Allah yang Maha Kuasa.

Berbekal kan tekat yang kuat, serta restu keluarga, saya masuk di IAIN Pontianak. Alhamdulillah dari tes, sampai administrasi pun berjalan lancar. Karena sebelumnya mendaftar di kampus lain, orang-orang mengatakan ke IAIN ialah ‘pelarian’ namun saya dengan bangga mengatakan ke IAIN ialah ‘tujuan’. Semua telah diatur dan ditentukan Allah Subhanallah. Jalani saja dengan penuh semangat. Rezeki dan masa depan kita sudah ada jatahnya masing-masing, jangan takut, terus melangkah dengan membaca bismillah.


Perkuliahan dan Lembaga Pers Mahasiswa

Perkuliahan dimulai, dari semester 1 sampai semester 3 penuh dengan pelajaran yang berbasis pengetahuan agama, tidak membuat saya terjatuh. Saya tetap dengan tekat dan niat untuk belajar. KPI memang berbasis Media, namun kita di IAIN mendapat pengetahuan lebih, yakni agama, jadi saya merasa beruntung, tidak hanya dunia, bekal akhirat pun ada.


Saya berada di kelas KPI B, kawan-kawan pun banyak yang dari sekolah umum, dan mereka memiliki awal yang kurang lebih saya, minder dan takut. Karena kebersamaan dan saling dukung, kami mampu menjalani perkuliahan.

Selain kuliah, saya mengikuti unit kegiatan mahasiswa (UKM). Yang saya pilih, sangat berhubungan dan menunjang dengan perkuliahan saya, yakni media. Pada semester 1, saya masuk di UKM Lembaga Pers Mahasiswa (LPM). UKM ini berkelut di bidang pemberitaan/informasi (pers) seputar 
kampus. Di LPM inilah ilmu jurnalistik saya temukan dan dikembangkan.



Saya begitu bersemangat. Melalui LPM, saya mampu mengenal banyak civitas akademika, hingga yang tertinggi, yakni mewawancarai Dr. Hamka Siregar, selaku rektor IAIN Pontianak. Selain itu juga, saya bisa mengetahui berbagai system yang ada di kampus, mulai dari kalangan pejabat, mahasiswa hingga para pedagang makanan di kantin kampus. Di sinilah saya berlatih dan semakin cinta dengan jurnalistik.


Saya memilih konsentrasi Jurnalistik

Salah satu yang membuat saya naksir di KPI, ialah ada perkuliahan yang berhubungan dengan fotografi dan kameramen. Saya suka dunia bermain dengan cahaya ini. Karena hidup tidak terlepas dari cahaya. Itulah saya memilih KPI, dibalik kebingungan saya, karena media saya pikir menarik.

Di brosur yang saya baca, KPI memiliki 3 konsentrasi, yakni jurnalistik, broadcast dan public relation. Pertama berangkat dari kampung ke kampus, saya tertarik pada public relation (PR), karena saya senang berpidato, atau berbicara di khalayak umum, basic ini saya dapatkan sejak kelas 3 SD. Pelan-pelan, saya akan pelajari PR. Konsentrasi akan di pilih pada semester 4.


Dengan berjalannya waktu, sungguh terasa cepat, saya kuliah di KPI, sudah semester 4. Dan harus memilih konsentrasi. Ke-3  konsentrasi tersebut saya suka, kalau boleh pilih, mau saya pilih semua, haha. Namun apa daya, saya harus memilih satu.

Takut salah pilih, dan kegalauan pun berkecamuk. Saya memilih dengan cerdas, dan tepat kemauan. Pada semester 2, saya naksir broadcast, namun pada semester 3, saya kembali naksir pada PR, memang sangat dahsyat membolak balikkan hati ini untuk memilih. Di balik kebingungan itu, saya tetap memilih, dan saya tetap menulis, untuk mengasah kemampuan saya di bidang jurnalistik. Semua bidang konsentrasi, jurnalistik, broadcast dan public relation saling berhubungan dan mendukung. Kembali lagi kepada basic atau modal skill yang kita miliki.

Setelah saya pelajari dan saya pertimbangkan, ternyata hati saya lebih kepada jurnalistik, mengapa? Karena saya berpikir dengan logika cerdas bin ilmiah, jurnalistik di butuhkan dan hadir di segala bidang, tulisan atau menulis, pasti diperlukan dimanapun. Jika dikaitkan dengan public relation, dan bekerja di kantor pemerintahan, maupun di kantor swasta, kita akan mendapatkan tugas untuk menulis kegiatan, dan biasanya yang kita temukan dalam bentuk majalah atau buletin, jadi selain kemampuan bicara dan melobi, menulis juga sangat dibutuhkan.

Kemudian ke broadcast. Menulis juga sangat dibutuhkan, salah satunya membuat naskah siaran dan liputan, karena ada namanya, jurnalis/wartawan TV dan Radio. Jadi jurnalisik juga sangat dibutuhkan di broadcast.


Bulat sudah tekat saya memilih konsentrasi Jurnalistik, niat saya sudah lurus, semangat saya semakin kuat, serja jiwa raga saya pun hadir dengan penuh kesadaran memilih jurnalistik.

Tepat pada hari Jumat, 06 Maret 2015, saya mengisi formulir konsentrasi jurusan KPI. Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim dan senantiasa mengharap rahmat serta ridho Allah SWT, saya memilih konsentrasi Jurnalistik, semoga berkah. Amiin.

Sukardi (1133110014)
Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah
Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Posting Komentar

0 Komentar