sukarditb.com

20/SASTRA/ticker-posts

Filosofi Logo SMAN 1 Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara

Logo SMAN 1 Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara
Logo SMAN 1 Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara ini dirancang oleh Mohlis (https://www.instagram.com/ozaq94/) Alumni SMAN 1 Teluk Batang tahun 2013. Di bawah ini adalah 14 makna yang terdapat pada logo SMAN 1 Teluk Batang di atas:

1. KUNTUM TERATAI BERJUMLAH 5 melambangkan menjunjung tinggi panca sila sebagai ideologi negara indonesia.
2. BINTANG melambangkan Ketuhanan, sila pertama Pancasila. Artinya kita sebagai warga Negara Indonesia percaya adanya Tuhan YME.
3. SAYAP melambangkan keseimbangan kecepatan siswa maupun guru di SMA 1 TELUK BATANG dalam mengakses segala informasi, kecepatan siswa dalam berpikir, kecepatan memecahkan masalah atau memberi solusi, kecepatan untuk mengikuti perkembangan jaman disertai dengan IMTAQ. Kecepatan di sini maksudnya kecepatan dalam berpikir, kecepatan dalam berkarya, kecepatan dalam berkreasi sehingga siswa mampu mengejar kemajuan dunia saat ini.
4. BUKU melambangkan sumber ilmu pengetahuan. buku memang merupakan gudang ilmu yang dapat membawa kita untuk dapat membuka jendela dunia.
5. PENA OBOR melambangkan adanya proses belajar mengajar serta dengan adanya obor merupakan semangat yang selalu berkobar dalam mengajar prestasi dan mencapai asa. 
6. JEMBATAN melambangkan SMA N 1 TELUK BATANG merupakan jembatannya ilmu, jembatannya meraih kesuksesan.
7. RODA BERKAITAN melambangkan Kebersamaan dalam segala rasa kekeluargaan  seluruh warga SMA N TELUK BATANG.
8. BATANG/PAGAR HIJAU  melambangkan kedisplinan yang tinggi serta dan seimbang terhadap  siapa pun di SMA N 1 TELUK BATANG  serta sebagai sekolah adywiyata.   
9. WARNA BIRU melambangkan   ilmu pengetahuan yang tanpa batas, sekaligus lambang langit biru dan laut yang selalu bergelora, dinamis, tidak pernah berhenti, juga berarti kehidupan masyarakat yang luas. (Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan, Damai, menyejukkan, spiritualitas, kontemplasi, misteri, keteguhan, kewibawaan, dan kesabaran.) 
10. WARNA Merah PADA SAYAP, Keberanian, semangat, dan pantang menyerah. 
11. WARNA PUTIH PADA BUKU DAN BACKGROUND TULISAN SMAN1TB, Bersih, natural, netral, awal baru, kemurnian dan kesucian. 
12. 11. WARNA HITAM PADA TULISAN dan Garis, Power, Kecanggihan, Keanggunan, dan Independen, Berwibawa, Disiplin, dan Berkemauan keras. 
13. WARNA KUNING PADA BINTANG DAN BACKGROUND , Optimis, Harapan, Filosofi, pencerahan dan intelektualitas. 
14. WARNA HIJAU PADA PAGAR/BATANG, sebagai sekolah adiwiyata yang peduli lingkungan alam dan WARNA HIJAU bersifat Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan, pertumbuhan, kesuburan, harmoni, optimisme, kebebasan, dan keseimbangan.

Posting Komentar

0 Komentar