sukarditb.com

20/SASTRA/ticker-posts

Janda Bolong, Bunga dengan Bolong Alami

Janda Bolong alias Jabong, nama bunga ini pertama kali aku baca dan lihat fotonya di media sosial pada awal Oktober 2020. Namanya yang unik, bentuknya yang bolong-bolong dan harganya yang bikin heboh, membuat bunga ini menjadi artis di dunia tanaman yang naik daun, walau daunnya bolong-bolong, hehehe.

Dikutip dari klikhijau.com, nama asli dari bunga janda bolong adalah monstera adansonii variegated dari family araceae. Salah satu tanaman tropical plants (tanaman kekinian) yang lagi diminati dan dicari oleh plant lovers dan plants collector karena keistimewaan variegated-nya.

Tanaman hias janda bolong ini memiliki ciri khas dari daunnya yang berlobang atau bolong, maka netizen Indonesia menyebutnya Janda Bolong, dengar kata janda dan bolong lagi, pasti bikin bunga ini semakin menggairahkan wkwkwk.

Janda Bolong

Perlu anda ketahui, bolongan pada daun bunga hias ini bukan karena penyakit atau gangguan hewan, namun benar-benar otentik bawaan bunga janda bolong secara alami. Bolong pada daun yang natural tersebut membuat harganya meroket. Selain itu, tanaman janda bolong ini juga langka. Tanaman ini banyak di Jepang dan Thailand, di Indonesia ada, cuma berbeda jenis dan warna.

baca juga: Bunga Keladi yang Trendi dan Harga Terkini

Terdapat dua jenis Janda Bolong (monster) yaitu adansonii dan epioremiodes. Adansonii memiliki ciri daun lebih oval, warna hijau tua dan bolongnya lebih kecil. Sedangkan, epipremiodes daun panjang, warna daun hijau muda dan bolong daunnya lebih banyak dan besar.



Ini yang ditunggu, soal harga. Secara umum, harga tergantung kualitas tanaman dan kelangkaannya, semakin besar tanaman, maka semakin mahal. Adansonii yang memiliki warna seimbang antara hijau dan putih,  ukuran lebar daun 15 sampai  80 cm ditaksir dengan harga sekitar 10 juta rupiah, untuk yang biasa dijual 1 juta rupiah.

Itulah seputar tanaman hias bunga Janda Bolong atau Adansonii, semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan. Mator Sekelangkong alias terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar