sukarditb.com

20/SASTRA/ticker-posts

Dukung Penurunan Stunting, KUA Sintang Hadiri Mini Lokakarya Lintas Sektor

SINTANG - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sintang menghadiri Mini Lokakarya Lintas Sektor dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sintang, yang berlangsung di Aula Kantor Camat Sintang, pada Selasa (28/3/2023).

Camat Kecamatan Sintang Tatang Supriatna S.STP M.Si, menyampaikan Mini Lokakarya Stunting merupakan kegiatan pertemuan di kecamatan yang diinisiasi dan dipimpin oleh camat dalam rangka mengawal dan mengevaluasi pelaksanaan pendampingan keluarga serta hasil pemantauan pendampingan keluarga di tingkat kecamatan agar terwujud tiga standar dan empat pasti.

Tiga standar tersebut yakni Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terlatih, tersedia alat ukur atau aplikasi pengukuran untuk sasaran stunting, tersedia dan terlaksananya prosedural operasional percepatan penurunan stunting.

“Kemudian empat pasti, memastikan semua sasaran terdata, memastikan semua sasaran memperoleh pelayanan, memastikan semua sasaran memanfaatkan intervensi dari pelayanan, memastikan semua pelaksanaan dan pendampingan tercatat dan terlaporkan,” papar Tatang Supriatna.



Kepala KUA Kecamatan Sintang, Mursi S.Ag, mengatakan siap berkoordinasi dengan lintas sektoral dengan instansi terkait yaitu Puskesmas dan BKKBN/PLKB dalam kegiatan percepatan penuruan stunting di Kabupaten Sintang khususnya kecamatan di Sintang.

“Dengan mengambil tindakan preventif melalui penyuluhan dan bimbingan masyarakat calon pengantin, memberikan pembekalan kepada calon pengantin dengan menyampaikan tentang kesehatan pada masa kehamilan dan balita agar terhindar dari stunting,” ujar Mursi.

Berdasarkan Perpres Nomor 72 Tahun 2021, Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Stunting ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak berada di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri penyelenggara urusan pemerintahan di bidang kesehatan.

 

(Sukardi)

 

Posting Komentar

0 Komentar