sukarditb.com

20/SASTRA/ticker-posts

METODE MENYAMPAIKAN PESAN

METODE MENYAMPAIKAN PESAN

1.      Hiwar
Perbedaan pendapat di antara manusia memiliki sejarah panjang. Secara umum manusia sejak dilahirkan sudah berbeda dengan lainnya, baik warna kulit, lidah, tabiat, kemampuan memahami, tingkat intelektualitas dan lain-lain.
Hiwar menurut bahasa artinya pembicaraan yang berlangsung di antara dua orang atau lebih. Hiwar juga bearti bertukar pikiran dan saling mengoreksi dalam pembicaraan. Sedangkan menurut istilah hiwar artinya pembicaraan antara dua orang atau lebih yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau menyakinkan orang lain dalam suasana tenang dan tidak panas.
Inti dari hiwar adalah saling membantu di antara para pihak untuk mencari kebenaran. Masing-masing pihak berusaha untuk mengungkap hal-hal yang samar dan meniti bersama metode yang bisa mengantarkan kepada tujuan.
Tujuan lain adalah untuk mencari solusi tengah yang bisa memuaskan semua pihak, dan mengenal cara pandang orang lain terhadap masalah, dan memperkaya informasi tentang suatu masalah meskipun terjadi perbedaan yang sangat panjang.

2.      Jidal
Jidal secara bahasa artinya memintal benang. Jidal upaya merajut pendapat-pendapat yang berseberangan seperti merajut benang-benang yang kusut. Asalnya digunakan untuk orang-orang berbeda pendapat atau debat.
3.      Bayan
Artinya jelas atau terang. Menjelaskan tujuan dengan pilihan kata paling tepat. Diantara fungsi utama komunikasi adalah untuk menjelaskan sesuatu sehingga apa yang dimaksudkan oleh pembicara dipahami secara jelas oleh pendengarnya.
4.      Tadzkir
Bearti mengingat. Dengan adanya orang yang mengingatkan (mudzakkir) maka aka nada orang yang dapat mengambil pelajaran atau peringatan (tadzakkur) dan akan melahirkan orang-orang yang selalu dzikir. Mereka yang tidak pernah lalai berdzikir dalam kondisi apapun baik saat berdiri, duduk, dan berbaring di dalam alquran disebut dengan ulul albab.
5.      Tabliqh
Bearti selesai, berakhir atau sampai, yang bisa digunakan untuk tempat, masa atau sesuatu abstrak.
Upaya untuk menyampaikan informasi secara utuh dari sumber kepada penerima tanpa mereduksi redaksi atau muatannya menjadikan Rasulullah menyandang gelar muballigh (penyampai pesan) yang amin (jujur dan tidak pernah berbohong).
Selain pesan sampai secara baik kepada penerima, kata balagha juga mengandung makna sampai dengan mengesankan. Makna ini bisa ditemukan saat pembahasan tentang qaulan balighan.
6.      Tabsyir
Artinya bahagia dan gembira. Pada dasarnya adalah pesan buat orang-orang yang sukses atau sedang menelusuri jalan-jalan kesuksesan.
7.      Indzar
Salah satu metode untuk menumbukan rasa takut pada hati manusia adalah indzar. Secara bahasa bearti menyampaikan pesan dengan cara mengingatkan yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa takut dan kehati-hatian, baik untuk diri komunikator maupun komunikan.
8.      Ta’aruf
Bearti tahu atau kenal. Yakni mengetahui dan mengenal sesuatu dengan tanda-tanda yang membuatnya bisa membedakan antara satu dengan lainnya. Baik lewat nama, cara berbicara, watak dan karakter dan berbagai aspek lainnya.
9.      Tawashi
Berasal dari kata wasiat secara bahasa artinya bersambung. Seseorang yang memberikan wasiat artinya menyambungkan apa yang diinginkannya kepada orang lain.
10.  Nasihat
Menurut bahasa artinya murni, jernih, bersih tanpa noda. Nasihat mengandung makna yang dalam dan memiliki fungsi yang banyak. Tujuan di balik nasihat adalah agar orang yang mendapatkan nasihat dapat mengambil manfaat dan memetik buahnya.
11.  Irsyad
Berasal dai rasyada, artinya mencari petunjuk ke jalan yang lurus lawan dari kata sesat.  Irsyad artinya proses membantu seseorang dalam mengatasi permasalahan pribadinya dengan mengarahkan dirinya untuk mengatasi masalah dirinya sendiri.
12.  Wa’dz atau Mau’idzah
Adalah jenis komunikasi yang bertujuan untuk melunakkan hati yang mendengarnya. Lunaknya hati terefleksi pada linangan air mata, goncangnya dada saat mendengarkan pesan, dan munculnya tekad untuk berubah.
13.  Idkhal al-surur

Diantara perintah Islam terhadap umatnya adalah perintah membahagiakan orang lain, baik dengan kata maupun perbuatan.

Posting Komentar

0 Komentar