sukarditb.com

20/SASTRA/ticker-posts

Fungsi-fungsi komunikasi

 Fungsi-fungsi komunikasi

1.   Fungsi Informasi
Informasi adalah kehidupan, karena sejak lahir seluruh perangkat untuk menyerap informasi seperti mata, telinga dan hati sebagai perangkat utama kehidupan telah terpasang dan siap difungsikan. Selain alat pelengkap informasi, Allah juga sudah menyiapkan perangkat untuk menyiapkan kembali informasi yang telah ditangkap kepada orang lain.

Ketika menafsirkan pendengaran, penglihatan, dan hati, Imam al-Tabrani mengatakan :
“ … dan Dia menganugrahkan nikmat kepada kalian pendengaran yang dengannya kalian dapat mendengar suara, penglihatan yang dengannya kalian dapat melihat orang, serta hati yang dengannya kalian dapat membedakan mana yang baik dan buruk…”
Tidak lama setelah Adam diciptakan dengan dibekali tiga perangkat diatas, Allah mengajarkan kepada Adam semua nama benda sebagai bekal untuk menjadi khalifah di muka bumi. Dan ketika adam telah memiliki ilmu tentang nama-nama benda yang ada, Allah perintahkan kepadanya untuk menyampaikan dan menginformasikannya kepaa para malaikat. Dengan kelebihan ilmu yang dimilikinya, Allah memerintahkan para malaikat untuk bersujud kepada Adam.
Ketika komunikasi terjadi, maka tukar menukar informasi tidak bisa dihindarkan. Informasi adalah kunci utama adanya perubahan sikap dan perilaku pada manusia. Seseorang yang memiliki  informasi kurang baik terhadap si fulansecara umum akan bersikap negative terhadap orang tersebut. Tetapi jika informasi yang masuk tentang si fulan tersebut positif, maka kemungkinan besar sikap orang terhadap si fulan itu juga akan baik.
2.   Fungasi Meyakinkan
Diantara fungsi penting dalam komunikasi Islam adalah fungsi meyakinkan. Fungsi meyakinkan artinya membuat ide, pendapat dan gagasan yang kita miliki bisa diterma oleh orang lain dengan senang hati dan tidak terpaksa. Fungsi meyakinkan dalam komunikasi Isalm bisa dicapai dengan metode hiwar (dialog) dan jidal (debat). Hiwar (dialog) dilakukan dengan suasana santai, saling mengemukakan pendapat dengan tenang, hingga akhirnya berujung pada kesepakatan mendukung ide bersama. Sedangkan jidal (debat) biasanya lebih seru, dan masing-masing pada pendapatnya. Menggunakan fungasi meyakinkan ini sangat penting agar orang-orang dapat menerima nilai-nilai kebenaran.
3.      Fungsi Mengingatkan
Lupa adalah sifat yang tidak dapat berpisah dari manusia. Sifat ini sudah ada sejak adanya bapak manusia pertama, Adam as. Ibnu Madzur dalam Lisan al-Arab mengatakan bahwa diantara rahasia penamaan manusia dengan istilah insane karena manusia memiliki sifat pelupa. Diantara masalah yang paling banyak dilupakan dan dilalaika oleh manusia adalah masalah agama. Itulah sebabnya kenapa Islam memerintahkan kepada penganutnya untuk mengulang-ulang suatu ucapan atau perbuatan.
Dakwah agama adalah salah satu cara untuk menginformasikan kepada manusia agar selalu ingat tentang tujuan hidup dan bagaimana mengisi hidup sebenarnya. Dan metode komunikasi yang paling cocok untuk merealisasikan fungsi mengingatkan adalah metode tadzkir dan indzar.
4.      Fungsi Memotivasi
Seperti halnya handphone, anusi juga membutuhkan charger karena semangat hidup manusia secara umum tidak stabil. Charge itu disebut motivasi. Metode memotivasi diri sendiri adalah metode yang paling ideal. Sebagaimana kita perlu membersihkan tubuh minimal dua kali sehari supayah tubuh terasa segar, maka memotivasi diri sendiri juga paling tidak dilakukan dua kali sehari agar jiwa kita selalu segar.
Selain memotivasi diri sendiri, manusia juga bisa termotivasi jika mendapatkan suntuikan motivasi dari orang lain. Metode yang paling cocok untuk menyuntikan motivasi dalam komunikasi Islam adalah metode tabligh dan tabsyir.
5.      Fungsi Sosialisasi
Manusia dalam hidupnya tidak lepas dari berbagai macam kebutuhan. Diantara sekian banyak kebtuhan itu, kebutuhan untuk disayangi oleh orang lain ditempatkan oleh Maslow dalam urutan ketiga. Bersosialisasi dengan orang sekitar kita adalah kebutuhan kita semua untuk bisa diterima dan dihargai. Tidak mungkin sosialisasi dilakukan tanpa komunikasi. Dalam al-Qur’an, fungsi sosialisasi disebut dengan ta’aruf.
Ta’aruf adalah salah satu komunikasi yang sangat efektif. Dengan ta’aruf, hubungan antar manusia menjadi sangat tersambung. Ta’aruf yang baik akan melahirkan keinginan untuk saling membantu bahkan sampai ketingkat saling mengayomi.
6.      Fungsi Bimbingan
Ada empat fokus utama aktivitas komunikasi dalam membimbing seseorang: pertama, membimbing orang untuk berbuat baik dan menangkal mereka untuk melakukan erbuatan baik dan menagkal untuk melakukan perbuatan buruk, kedua, memulihkan kondisi mereka yang telah rusak, ketiga, mengarahkan orang untuk menemukan potensi yang mereka miliki, keempat, mengembangkan potensi manusia agar lebih maksimal. Secara umum, bimbingan diberikan dalam bentuk komunikasi antarpersonal atau komunikasi kelompok kecil.
BImbingan dapat dilakukan dengan cara percakapan pribadi, dialog langsung dan tatap muka.
7.      Fungsi Kepuasan Spiritual
Diantara metode spiritual adalah dengan memberikan mau’idzah dan nasehat kepada mereka.
8.      Fungsi Hiburan

Dalam hidup, manusia akan berhadapan sengan rasa senang dan sedih. Tidak ada orang yang seumur hidupnya merasa kebahagiaan. Selain rasa bahagia kadang-kadang kita juga diselimuti oleh rasa takut. Semua kita pasti merasa lelah, kadang harus berhadapan dengan kesulitan, diuji dengan berbagai kasus, bahkan tidak jarang harus menderita. Dalam kondisi seperti itu, hati kita sangat perlu hiburan.

Posting Komentar

0 Komentar