sukarditb.com

20/SASTRA/ticker-posts

Pengelolaan Informasi Digital - SIMDIG

 


BAB 2 Pengelolaan Informasi Digital

Pendahuluan

Pengelolaan Informasi Digital memuat materi tentang bagaimana pengolahan informasi digital yang didapat dari hasil pencarian mesin pelacak, menyimpan hasil pelacakan, mengolah/memformatnya menggunakan perangkat lunak pangolah kata (Microsoft Word)  dan pengolah angka (Microsoft Excel), kemudian melakukan persiapan untuk mengomunikasikannya menggunakan perangkat lunak pengolah presentasi (PowerPoint), dan penyampaian pengololaan informasi dengan teknik presentasi. Program aplikasi atau perangkat lunak yang umum digunakan dalam mengolah data ini adalah paket aplikasi perkantoran (office suite). Paket aplikasi perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office, yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Macintosh.

Pengolahan data pada zaman sekarang ini sebagian besar melalui perangkat elektronik. Keuntungan yang didapat dengan pengolah data melalui perangkat elektronik adalah data yang dihasilkan dapat lebih cepat tersaji, bahkan dengan nilai keakuratan yang lebih tinggi.

A.     Aplikasi Pengolah Kata (Microsoft Word)

Salah satu kegiatan mengelola informasi digital adalah menulis/membuat/menyusun naskah digital menggunakan aplikasi pengolah kata. Aplikasi pengolah kata (word processing) merupakan perangkat lunak yang digunakan khusus untuk malakukan pemprosesan kata. Penggunaan aplikasi pengolah kata biasa untuk tulis – menuli surat, membuat brosur, karya ilmiah, buku, majalah, dan lainnya.

Mengoperasikan Microsoft Word

Ø  Membuka Microsoft Word

1)      START > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Word

Atau

2)      Double klik Icon Microsoft Word di Desktop

 

Ø  Penjelasan dari bagian - bagian tampilan (interface) Ms.Word:

1.      Quick Access Toolbar, kumpulan ikon atau tombol shortcut yang paling sering digunakan seperti New, Open, Save, Undo, Redo

2.      Title Bar : merupakan nama file dari dokumen yang terbuka

3.      Ribbon merupakan menu yang berisi kumpulan ikon perintah yang berhubungan dengan pengaturan file dokumen. Atau Ribbon adalah deretan tab berdasarkan kategori fitur - fitur tertentu yang sudah dikelompokan

4.      Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll

5.      Grup Ribbon adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi

6.      Work Area atau Lembar kerja : merupakan tempat yang digunakan untuk mengetik teks pada microsoft word. Work area pada microsoft word sering disebut sebagai PAGE/WORKBOOK

7.      Zoom Level merupakan merupakan bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja

 

FILE berisi ikon-ikon perintah yang berhubungan dengan pengaturan file dokumen

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiM5xZ5lQ7zsbuGrg4AAW1XOzqvEM9uhI3BELNd9eB-3mssefooh3jCchwJcotiZQ1s6ZKhR7Q7M2qj7l-JYYoirals-TPIzFaM3DXRSvEVt7Z_1MdWABszYRzYByi6k1xnK4615kWcigL/s320/menu+file.JPGKeterangan :

• New : digunakan untuk membuat dokumen baru (CTRL + N)

• Open : digunakan untuk membuka dokumen (CTRL+O)

• Close : digunakan untuk menutup dokumen (ALT+F4)

• Save : digunakan untuk menyimpan dokumen (CTRL + S)

• Save As : digunakan untuk menyimpan dokumen dengan nama yang berbeda

• Print : digunakan untuk mencetak dokumen (CTRL+P)

• Undo : digunakan untuk membatalkan perintah terakhir (CTRL+Z)

• Redo : digunakan untuk mengembalikan perintah yang dibatalkan (CTRL+Y)

 

TAB HOME merupakan tab yang paling sering digunakan berisikan fitur format teks seperti font dan perubahan paragraf

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrJGFqZ0c14TrgVHdmp7nxo87TGaRH6Dk86aO0EuyhW69Clh64P9XQsfhxCUCk_A27IlCWWXQI-n83Ixj7rbBuMNRO2eIUkOPBW26wSOaTi8B6WcactmMTpUoSTPPzeTcKVjTWLJn0nuFD/s1600/tab+Home.jpg

 

Keterangan :

 

Group Clipboard

• Cut : berfungsi untuk memotong teks/objek yang dipilih (CTRL + X)

• Copy : digunakan untuk menyalin teks atau objek yang dipilih (CTRL + C)

• Paste : berfungsi untuk menempelkan hasil copy atau paste (CTRL + V)

• Format painter : berfungsi untuk meniru format teks ke dokumen lainnya

 

 

Group Font

• Font : digunakan untuk memilih jenis huruf yang digunakan

• Font Size : digunakan untuk mengatur ukuran huruf

• Grow Font : Untuk memperbesar ukuran huruf secara instan

• Shrink Font : Untuk memperkecil ukuran huruf secara instan

• Bold : digunakan untuk menebalkan teks (CTRL+B)

• Italic :  digunakan untuk memiringkan teks (CTRL + I)

• Underline digunakan untuk memberikan garis bawah pada teks (CTRL + U)

• Change Case : digunakan untuk mengubah format penulisan huruf kapital.

 

Ada 5 jenis Change Case :

a) Sentence case : Teks huruf besar diawal karakter pada kata pertama

b) lowercase : Merubah semua huruf dalam kalimat menjadi huruf kecil

c) UPPERCASE : Merubah semua huruf dalam kalimat menjadi huruf kapital

d) Title Case : Huruf awal setiap kata dalam kalimat menjadi huruf besar(kapital)

e) tOGGLE cASE : Semua huruf awal pada setiap kata dalam kalimat menjadi huruf kecil sedangkan huruf lainnya menjadi huruf kapital

• Clear Formatting : Untuk menghapus semua pemformatan teks terpilih

• Strikethrough : untuk memberikan tanda coret pada teks terpilih

• Subscript : digunakan untuk membuat teks pemangkatan yang berada dibawah

• Superscript : digunakan untuk membuat teks pemangkatan yang berada diatas

• Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih

• Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih

• Font Color : digunakan untuk memberi warna pada teks

 

Group Paragraph

• Bullets : digunakan untuk memberikan tanda bullets

• Numbering : digunakan untuk memberikan format penomoran secara otomatis pada suatu paragraf

• Decrease Indent : Untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri

• Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan

• Sort : untuk mennyortir data

• Show Paragraph Marks : untuk menampilkan/menyembunyikan tanda koreksi paragraf

• Alignt Text Left : untuk mengatur teks/paragraf menjadi rata kiri

• Alignt  Text Right : untuk mengatur teks/paragraf menjadi rata kanan

• Center : untuk mengatur teks/paragraf menjadi rata tengah

• Justify : untuk mengatur teks/paragraf menjadi rata kanan dan kiri

• Line and Paragraph Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks. atau untuk mengatus spasi pada paragraf

• Border :  untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih

• Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih

Group Styles

Group Styles terdiri dari dua menu, Yaitu :

• Heading Styles : digunakan untuk memberikan pilihan format penjudulan paragraf

• Change Styles  : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

 

Group Editing

• Find :  untuk mencari kata tertentu dalam suatu dokumen

• Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan dalam suatu dokument

 

Posting Komentar

0 Komentar